cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan
ISSN : 23377895     EISSN : 24610550     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan publishes and disseminates research results in the field of educational administration/management, consisting of: - educational leadership - educational policy and planning - educational economics - educational politics
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2021): September" : 10 Documents clear
Menilai risiko dari organisasi yang bertransformasi: pelajaran terbaik untuk penguatan akuntabilitas pendidikan tinggi di Indonesia Hafid Aditya Pradesa; Caesar Oktoviandy Purba; Ramdani Priatna
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 9, No 2 (2021): September
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jamp.v9i2.40104

Abstract

Artikel ini membahas praktik manajemen risiko di perguruan tinggi dengan menekankan pada pentingnya manajemen risiko di lembaga pendidikan tinggi. Artikel ini bertujuan untuk mengulas analisis risiko pada konteks institusi pendidikan tinggi. Penelitian ini didasarkan atas pendekatan terintegrasi dari proses manajemen risiko pada perguruan tinggi yang bertransformasi ke perguruan tinggi vokasi. Studi ini bersifat deskriptif kualitatif dalam mengkaji analisa risiko pada Politeknik STIA LAN Bandung, sebagai perguruan tinggi dibawah naungan Lembaga Administrasi Negara yang telah bertransformasi menjadi Politeknik sejak tahun 2020. Berdasarkan penerapan kerangka kerja manajemen risiko ISO 31000:2018 yang menjadi dasar dalam mengelola risiko, hasil analisis risiko menunjukkan bahwa risiko terpenting berdasarkan nilai risiko yang ditemukan adalah risiko operasional berkaitan dengan kurikulum berbasis kompetensi vokasional. Risiko lain yang terpenting adalah tentang risiko reputasi yakni berkaitan dengan risiko akreditasi serta publikasi penelitian. Temuan analisis risiko ini menjadi bahan informasi yang sangat penting terutama dalam konteks institusi pendidikan tinggi yang telah bertransformasi secara kelembagaan. Ke depan, institusi pendidikan tinggi yang bertransformasi akan lebih dituntut untuk mempersiapkan dirinya dengan lebih baik untuk mengambil perspektif risiko yang luas.
Distance education di masa covid-19: tinjauan terhadap sistem, kebijakan, dan tantangan e-education di sekolah Anisa Rima Fadhilah; Rachella Ryandra Fitri; Yoga Setyo Wibowo
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 9, No 2 (2021): September
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jamp.v9i2.42648

Abstract

Terlepas dari berbagai kelebihan pendidikan jarak jauh, sistem pendidikan jarak jauh dan tantangan penerapannya di tingkat sekolah dasar penting untuk diulas karena urgensinya. Studi-studi sebelumnya diketahui masih fokus meninjau e-education di tingkat pendidikan tinggi, sementara tinjauan terhadap e-education di sekolah jarang ditelaah. Studi literatur ini bertujuan untuk mengulas secara mendalam sistem e-education di sekolah dasar selama masa pandemi COVID-19 dengan turut memperhatikan kebijakan e-education yang diterapkan sekolah di masa pandemi. Lebih jauh, literatur ini juga mengulas tantangan e-education di sekolah dengan fokus pada aspek infrastruktur beserta solusi yang dapat diadopsi dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan jarak jauh. Kata kunci yang digunakan dalam mencari literatur, antara lain: e-education, COVID-19, school policy, dan challenges. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa sekolah dapat mengombinasikan aktivitas asinkron dan sinkron dengan durasi belajar dan rancangan aktivitas sesuai tingkatan kelas siswa, serta menggunakan platform online yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan penggunaan. Selain itu, sekolah juga dapat mempertimbangkan penggunaan mobile application, sistem informasi sekolah berbasis web dan komputasi awan (cloud), hingga penggunaan e-exam yang digunakan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa. Saran bagi pembuat kebijakan terkait penerapan sistem e-education di sekolah juga didiskusikan.
Pengelolaan pengembangan minat dan bakat anak didik di homeschooling kak seto Solo Muhammad Nuhman Mahfud; Sutama Sutama
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 9, No 2 (2021): September
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jamp.v9i2.39408

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pengembangan minat dan bakat anak didik di homeschooling Kak Seto Solo. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dengan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman melalui beberapa prosedur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Perencanaan pengembangan minat dan bakat anak didik dilakukan dengan melakukan penggalian informasi melalui konselor dan dilanjutkan dengan Tes Potensi Akademik atau Tes pembekalan Akademik; 2) Pelaksanaan pengembangan Minat dan bakat anak didik dilaksanakan dalam dua kelas yaitu funday class dan personal improvement; 3) Penilaian pengembangan minat dan bakat anak didik dinilai oleh tutor dan orang tua. Tutor menilai homeschooler berdasarkan item pengukuran yaitu emosi, fokus, minat pembelajaran, kedisiplinan dan tanggung jawab. Orang tua menilai kegiatan yang dilakukan anak didik di rumah.
Pengaruh sertifikasi guru dan implementasi program MGMP pada motivasi dan kinerja guru Suheri Suheri; A. Yusuf Imam Suja’I; Hadi Sunaryo
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 9, No 2 (2021): September
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jamp.v9i2.41751

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan 1) seberapa kuat pengaruh sertifikasi guru dan implementasi program musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) terhadap motivasi kerja guru, 2) seberapa kuat pengaruh sertifikasi guru dan implementasi program musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) terhadap kinerja guru, dan 3) seberapa kuat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, serta 4) mengetahui seberapa kuat mediasi motivasi kerja pada sertifikasi guru dan implementasi program musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) terhadap kinerja guru. Sampel yang digunakan adalah seluruh guru SMP yang sudah sertifikasi yang ada di wilayah Kecamatan Poncokusumo dan Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket penelitian yang disebar kepada 187 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis SEM (Structural Equation Modelling) yang dioperasikan melalui program AMOS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sertifikasi guru dan implementasi program MGMP berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja guru sertifikasi, sertifikasi guru dan implementasi program MGMP berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru sertifikasi, Motivasi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru sertifikasi, namun motivasi kerja tidak dapat memediasi pengaruh sertifikasi guru dan implementasi program MGMP terhadap kinerja guru.
Pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah dan komunikasi internal terhadap komitmen guru Imroatin Octaviarnis
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 9, No 2 (2021): September
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jamp.v9i2.39475

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini (1) Mendesripsikan tingkat kepemimpinan visioner, komunikasi internal, dan komitmen guru; (2) Pengaruh kepemimpinan visioner terhadap komitmen guru; (3) Pengaruh komunikasi internal terhadap komitmen guru; dan (4) Pengaruh kepemimpinan visioner dan komunikasi internal terhadap komitmen guru.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian bersifat deskriptif korelasional. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 40 orang guru PNS SMKN 2 Kota Batu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data menggunakan uji analisis jalur dengan bantuan SPSS versi 24.0. Hasil penelitian ini yakni (1) Kepemimpinan visioner termasuk dalam kategori rendah, komunikasi internal sangat tinggi, dan komitmen guru tinggi (2) Tidak ada pengaruh antara kepemimpinan visioner yang signifikan dengan komitmen guru yakni nilai Sig 0,2880,05, (3) Ada pengaruh antara yang signifikan pada komunikasi internal terhadap komitmen guru yakni nilai Sig. 0,0130,05. (4) Ada pengaruh antara kepemimpinan visioner dan komunikasi internal secara simultan yang signifikan terhadap komitmen guru yakni nilai Sig. 0,0120,05. Sedangkan, besar variabel lain diluar variabel yang diteliti yakni 0,787.
Kritik terhadap internasionalisasi pendidikan tinggi ala kebijakan politik the New Southbound Taiwan Priadi Surya
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 9, No 2 (2021): September
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jamp.v9i2.42586

Abstract

Artikel ini merupakan telaah kritis terhadap internasionalisasi pendidikan tinggi ala kebijakan politik the New Southbound Taiwan. Tujuan studi kepustakaan ini adalah (1) mendeskripsikan politik internasionalisasi pendidikan tinggi Taiwan; (2) membangun kritik terhadap politik internasionaliasi pendidikan tinggi Taiwan; (3) membangun gagasan implementasi politik internasionalisasi pendidikan tinggi di negara-negara berkembang. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan berupa re-interpretasi pemikiran dalam artikel kunci terpilih dan pembangunan gagasan oleh peneliti dengan mendasarkan kepada kajian literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Taiwan menjalin kerjasama pendidikan tinggi dengan negara-negara yang terletak di bagian selatan, yang terutama ditempuh melalui mobilitas mahasiswa internasional dari dan ke dalam Taiwan; (2) pilihan politik internasionalisasi pendidikan tinggi Taiwan diindikasikan sebagai upaya dominasi Taiwan kepada negara-negara lain, dan upaya menghimpun sumber daya manusia berbakat untuk menggerakkan pembangunan berbagai sektor di Taiwan; 3) gagasan internasionalisasi pendidikan tinggi di negara-negara berkembang: (a) optimalisasi hubungan multilateral regional; (b) mahasiswa Indonesia studi di luar negeri; (c) peningkatan perguruan tinggi bertaraf internasional; dan (d) pendirian perguruan tinggi asing di negara-negara berkembang.
Analisis sekolah efektif di masa pandemi covid-19 Muh. Takdir; Kiki Zakiyah; Neneng Khairunnisa; Lilis Kholisoh Nuryani
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 9, No 2 (2021): September
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jamp.v9i2.39677

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis sumber daya yang mendukung terciptanya sekolah yang efektif baik yang berwujud materi dan yang tidak berwujud berdasarkan lima aspek, yaitu kepemimpinan kepala sekolah, pelaksanaan pembelajaran, monitoring dan evaluasi, hubungan sekolah dengan masyarakat, dan iklim yang kondusif. Desain penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data penelitian didapatkan melalui wawancara pada beberapa partisipan, antara lain kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, siswa, dan orang tua. Selain itu, untuk memperkuat data wawancara, juga dilakukan studi dokumentasi dan observasi pada MTs An-Noor Cibungbulang Bogor. Hasil studi menunjukkan bahwa upaya dalam menciptakan sekolah efektif khususnya di masa pandemi adalah dengan mengoptimalkan fungsi dan peran sumber daya yang dimiliki oleh sekolah baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud. Sumber daya yang berwujud dapat dilihat dari penataan sarana yang ramah lingkungan sesuai standar protokol kesehatan dan penyediaan fasilitas ICT. Adapun sumber daya yang tidak berwujud dapat dilihat dari spirit kerja sama semua stakeholder, motivasi berprestasi, komunikasi yang efektif, hubungan emosional yang dekat antara guru dan siswa, pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan ICT, serta kreatifitas dalam mendesain pembelajaran.
Pengaruh minat belajar, kompetensi profesional guru, dan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar daring Siswanto Siswanto; Zufi Anidzar Arbani
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 9, No 2 (2021): September
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jamp.v9i2.43188

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar daring, (2) Pengaruh profesional guru terhadap hasil belajar,(3) Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar daring, (4) Pengaruh minat belajar, profesional guru dan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar daring mata pelajaran Akuntansi Keuangan di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur. Penelitian ini mengunakan pendekatan asosiatif. Sampel adalah siswa kelas XI Akuntansi Keuangan dan Lembaga SMK Muhammadiyah 1 Borobudur. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas, linieritas, uji multikolineritas, dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana, dan analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat pengaruh sebesar 48,5% minat belajar terhadap hasil belajar daring sebesar (2) Terdapat pengaruh  sebesar 16,0% profesional guru terhadap hasil belajar daring (3) Terdapat pengaruh  sebesar 35,5% penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar daring (4) Terdapat pengaruh  sebesar 27,9% minat belajar, profesional guru, dan penggunaan media pembelajaran secara bersama-sama terhadap hasil belajar daring Akuntansi Keuangan.
The level of transformational leadership and the effectiveness of primary school organization Noraziah Mamat; Mohd Faiz Mohd Yaakob; Wiwik Wijayanti
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 9, No 2 (2021): September
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jamp.v9i2.40906

Abstract

The purpose of this quantitative survey type study was to find out the effectiveness of transformational leadership practices in primary school organization in Kota Bharu District, Kelantan, Malaysia.  Data were collected from 244 teachers randomly selected from 11 daily primary schools. The measurement tool used was the “Transformational Leadership Inventors” (TLI) which contained 22 items related to the six dimensions of transformational leadership developed by Podsakoff, McKenzie and Boomer (1996). For organizational effectiveness, the Effectiveness International School Questionnaire (EISQ) by Doran (2004) which contained 55 items with 11 dimensions was used. The IBM Statistical Package for Social Sciences version 26.0 (IBM SPSS 26.0) was used to analyze the data. Overall, the results of the study showed that transformational leadership practices were at a very high level (mean = 4.32 and SD = 0.503). As for organizational effectiveness, the results showed that organizational effectiveness was at a high level (mean = 3.92 and SD = 0.430). Overall, this research has achieved the set goals.
Pengaruh servant leadership, disiplin kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru Alvin Yuwono Pala'langan
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 9, No 2 (2021): September
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jamp.v9i2.38875

Abstract

Pemimpin yang melayani merupakan pemimpin yang berintegritas dan mampu untuk mendelegasikan tugas untuk bawahannya. Pelaksanaan kepemimpinan yang melayani oleh kepala sekolah dapat meningkatkan kepuasan dan kinerja guru yang dipimpinnya. Disiplin kerja juga dapat mendorong terciptanya kepuasan dan kinerja guru di sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh servant leadership, disiplin kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru di sekolah XYZ. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 41 responden. Metode pengolahan data menggunakan analisis jalur (path analysis) dan metode statistik deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan (1) servant leadership tidak memberikan pengaruh terhadap kepuasan kerja, (2) disiplin kerja berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja, (3) servant leadership berpengaruh positif terhadap kinerja guru, (4) disiplin kerja berpengaruh positif terhadap kinerja guru, dan (5) kepuasan kerja tidak memberikan pengaruh terhadap kinerja guru.

Page 1 of 1 | Total Record : 10